Penyakit Herpes : Pengertian, Jenis, Gejala, Cara Mengatasi, dan Cara Pencegahannya



A.   Pengertian Herpes
Herpes adalah penyakit yang meradang pada kulit dan biasanya akan muncul gelembung yang berisi air dan secara berkelompok. Herpes sendiri termasuk salah satu jenis penyakit yang menular yang dapat menyerang permukaan kulit seseorang.

Penyakit Herpes

Penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya infeksi virus pada kulit baik yang diperoleh secara eksogen maupun endogen. Di dalam penyakit herpes terdapat jenis virus yaitu bernama virus herpes simpleks dan virus jenis ini mengakibatkan munculnya luka-luka di permukaan kulit.
Karenanya, gejala yang terlihat pada penderita adalah adanya lepuhan pada kulit penis atau vagina yang jika pecah mengeluarkan cairan bening dan terasa pedih. Setelah itu, luka ini secara perlahan-lahan akan meninggalkan bekas luka. Jika tidak digaruk dan seiring dengan berjalannya waktu, luka ini dapat sembuh dalam waktu 5-10 hari dari kemunculannya.

Penyakit Herpes cepat sekali penularannya, yaitu melalui hubungan langsung antara bagian tubuh penderita yang terkena infeksi dengan selaput lendir, termasuk kulit yang terluka, pada bagian tubuh orang lain.

Tentu saja penularan lainnya yang banyak terjadi adalah melalui hubungan seksual. Herpes dapat juga ditularkan selama masa kehamilan dan kelahiran. Mengingat resiko yang mungkin terjadi pada bayi dalam kandungan, para dokter selalu menganjurkan operasi caesar terhadap penderita herpes.

B.   Jenis-Jenis Herpes
1.     Herpes Zoster
Herpes zoster adalah herpes yang menyerang seluruh permukaan kulit. Dan biasanya pada daerah badan. Herpes tersebut merupakan herpes yang paling banyak diderita oleh pasien dibandingkan dengan herpes simpleks.

 Herpes Zoster

Virus yang dapat menyebabkan seseorang terkena herpes zoster adalah bernama varicella zooster. Bentuk kelainan kulit diawali dengan bercak kemerahan pada daerah bercak kemerahan pada daerah yang sesuai dengan persarafan kulit yang terkena virus (unilateral).

Dalam 12-24 jam tampak bintil-bintil berair tersusun berkelompok di atas kulit yang kemerahan tersebut dan akan tumbuh terus, berlangsung selam 1-7 hari kemudian bintil berair tersebut berubah menjadi bintil bernanah dan selanjutnya mengering. Pada seseorang yang menderita penyakit ini maka akan terlihat gejala yang mirip seperti dengan penyakit cacar air.

2.     Herpes Simpleks
Herpes simpleks juga sering disebut juga dengan herpes genitalis adalah cacar herpes yang hanya menyerang pada daerah bibir, mulut, dan juga pada alat kelamin manusia. Virus yang terdapat pada herpes ini adalah herpes simpleks virus (HSV) banyak ditemukan.

Herpes Simpleks

Virus ini memiliki predileksi pada lokasi-lokasi mukokutan, terjadi baik pada pejamu dengan sistem imun normal atau sistem imun yang tertekan dan ditransimiskan melalui kotank genital atau oral.

Ada 2 tipe virus HSV 1 dan HSV 2 yang mempunyai pola klinis dan epidemiologis yang berbeda walaupun juga dapat bertumpang tindih. Oleh karena itu sebagian besar orang yang mengalami infeksi HSV 1 pada masa anak-anak, sedangkan HSV 2 ditularkan melalui kontak seksual.

Infeksi rekuren sering terjadi akibat bentuk alten davirus pada ganglia sensoris. Pemicu terjadinya rekurensi yang telah ditemukan adalah stres, sinar matahari dan trauma lokal.

Herpes ini merupakan herpes yang sangat sulit untuk disembuhkan. Selain itu bagi penderita juga bisa sembuh dan bisa kambuh lagi kapan pun, seseorang yang terkena penyakit ini bisa disebabkan dengan hubungan seks yang tidak wajar.

C.   Gejala Herpes
1.     Gejala penyakit kulit herpes umumnya terjadi pada awal minggu pertama hingga minggu kedua.
2.     Tumbuh pada bagian ruam kulit yang sangat sensitif dan mudah dimasuki oleh virus dan bakteri.
3.     Setelah beberapa hari atau minggu, terbentuk lepuhan mulai dari ukuran kecil yang berisi oleh cairan bening.
4.     Setelah 7-10 hari, suhu tubuh semakin tidak menentu terkadang naik-turun dan tidak tetap
5.     Jika penyakit kulit herpes terjadi pada bayi, bayi akan mengalami kejang-kejang dan berakibat pada infeksi otak bayi.
6.     Kemudian otot-otot tubuh menjadi lemah dan kendur
7.     Mengalami gangguan pernapasan
8.     Beberapa penderita penyakit kulit herpes ada yang mengalami komplikasi pada peradangan hati atau hepatitis
9.     Terbentuknya pembekuan darah yang dapat menyebar ke bagi permukaan kulit lainnya melalui pembuluh darah akibat virus herpes yang semakin menyebar.
10.                        Pada bagian yang terinfeksi oleh virus herpes akan sering mengalami kesemutan pada anggota badan
11.                        Ada baiknya sangat perlu di perhatikan pada penderita harpes untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan yang dapat memicu tumbuhnya penyakit ini, seperti : udang, kepiting, telur, daging kambing, kerang, terasi, tape, singkong, nangka, sirsak dan juga minuman beralkohol. Pengobatan salep dan bedak serta obat yang lain kurang maksimal jika tidak menjaga kebersihan tubuh.
12.                        Gelembung- gelembung tadi yang berbentuk kecil akan berkumpul dalam jumlah yang banyak yang di dalamnya akan berisi cairan.

D.   Cara Mengatasi Herpes
1.     Daun Mint
Daun mint akan menghilangkan gatal gatal dan juga ada nya ruam merah pada kulit juga akan di bantu di hilangkan oleh daun mint. Oleh sebab itu daun mint banyak di gunakan untuk mengatasi penyakit kulit, dan juga bisa di gunakan untuk menjadi obat penyakit kulit herpes. cara nya dengan menumbuk daun mint, dan juga menempelkan nya pada kulit yang di infeksi.

2.     Lidah Buaya
Tidak hanya sebagai obat rambut, namun lidah buaya juga obat penyakit kulit herpes. cara menggunakan nya pun sangat mudah. jika tidak memiliki gel lidah buaya, maka bisa langsung menggunakan tumbuhan lidah buaya yang cairan nya di oleskan pada kulit yang di infeksi oleh virus penyakit kulit herpes.

3.     Madu
Madu juga bahan alami yang banyak khasiat jika di konsumsi, dan banyak orang terutama wanita untuk merawat kecantikan dengan menggunakan kunyit. obat penyakit kulit herpes ternyata juga bisa dengan menggunakan madu. Dengan di minum dan dioleskan pada kulit akan membantu untuk menyembuhkan penyakit kulit herpes.

4.     Kapur Sirih
Kapur sirih juga dapat menyembuhkan penyakit herpes anda, cara penggunaannya anda bisa taburkan bubuk kapur sirih pada bagian dimana muncul herpes tersebut

5.     Kunyit
Untuk menyembuhkan herpes simpleks menggunakan bahan alami kunyit yang akan membantu untuk menghilangkan gatal gatal dan juga untuk mengembalikan keadaan kesehatan kulit kembali.

Cara mengobati kunyit pada penyakit herpes simpleks bisa dengan mengkonsumsi kunyit dan juga mengoleskan pasta kunyit pada kulit kemaluan yang di penuhi oleh luka akibat virus herpes simpleks.

6.     Bawang Putih
Bawang putih juga akan membantu untuk menyembuhkan penyakit herpes simpleks, karena bawang putih dapat di gunakan untuk menyembuhkan herpes sehingga bisa mengkonsumsi bawang putih agar penyakit herpes simpleks dapat sembuh dengan cepat.

7.     Teh Hijau
Teh hijau pun memiliki kandungan antioksidan yang akan menyembuhkan infeksi virus dan termasuk penyakit herpes simpleks yang menyebabkan gatal gatal dan juga luka. Oleh sebab itu minum teh hijau yang akan membantu menyembuhkan sakit herpes simpleks yang mengganggu dan menimbulkan rasa sakit.

E.   Cara Mencegah Herpes
Agar penyakit kulit herpes tidak akan kembali maka sebaik nya menjaga kesehatan tubuh. karena kambuh nya penyakit kulit herpes bisa di sebabkan ada nya penurunan daya tahan tubuh dan juga kondisi stress sedang terjadi.

Untuk itu sebaik nya tidak lagi stress, dan juga banyak makan makan sehat, olahraga dan penuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak menyebabkan kambuh nya penyakit kulit herpes yang akan menganggu.

Agar kekebalan daya tahan tubuh kuat, maka bisa mengkonsumsi makan makanan yang sehat yang tinggi akan gizi dan juga kandungan vitamin nya. seperti buah dan sayuran yang segar dapat menjadi makanan untuk mencegah penyakit herpes atau penularan nya.

Olahraga juga bisa meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh, dan olahraga juga bisa di lakukan kapan pun agar tubuh tetap sehat. Untuk menegah penularan penyakit herpes pada kulit kelamin maka sebaik nya hindari hubungan seksual bebas, karena dengan melakukan hubungan seksual bebas bisa menjadi penyebab herpes pada kelamin. Oleh sebab itu yang terpenting adalah dengan menjaga kesehatan seluruh tubuh.




Sumber :
http://penyakitherpes.net/
http://penyebabherpes.com/
http://penyakitkulitherpes.com/



Artikel Terkait

1 comment:

  1. Nice info, Sangat bermanfaat. Bagi anda yang memiliki masalah penyakit kelamin, anda bisa mengunjungi klinik Apollo untuk melakukan pemeriksaan. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin yang terletak di daerah Jakarta pusat. bekerja sama dengan berbagai rumah sakit serta klinik Internasional, juga ditunjang peralatan medis canggih serta dokter ahli spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya, anda bisa mengunjungi klinik apollo untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan segera.

    Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis klinik Apollo.

    www.klinikapollo.com

    ReplyDelete