Penyakit Cacar Air : Pengertian, Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, Dan Pencegahannya



 A.   Pengertian Penyakit Cacar Air
Cacar air adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Cacar air akan menyebabkan timbulnya benjolan yang berisi air pada seluruh tubuh, gatal dan kulit yang kemerahan.

Penyakit Cacar Air

Cacar air adalah salah satu jenis penyakit menular yang sangat cepat, terutama pada anak. Biasanya penyakit ini akan muncul pada anak-anak hingga remaja dan jarang ditemukan pada orang tua.
B.   Gejala Penyakit Cacar Air
1.     Demam
2.     Sakit Kepala
3.     Batuk Kering
4.     Nafsu Makan Berkurang
5.     Gatal Pada Kulit Seperti Bekas Gigitan Serangga
6.     Timbulnya Benjolan Berisi Cairan Pada Tahap Selanjutnya

C.   Penyebab Penyakit Cacar Air
Penyebab utama cacar air adalah sebuah infeksi virus yang bernama virus varicella zoster. Virus memiliki waktu penyebaran yang sangat cepat. Bahkan kontak langsung pada bagian kulit yang ruam bisa menyebabkan penularan.

virus varicella zoster

Terkena pecahan dari benjolan cacar air juga akan cepat menular. Virus ini juga dapat menular lewat udara dan air sehingga terkadang penderita harus mendapatkan tempat khusus. Orang yang sudah pernah mendapatkan vaksin cacar air dan tidak kebal tetap akan terkena cacar air.

D.   Cara Mengatasi Penyakit Cacar Air
Pengobatan yang dapa anda ambil untuk penyakit cacar adalah:
1.     Minum air kelapa yang dicampur dengan 3 sendok makan madu.
2.     Mengkonsumsi buah semangka yang memiliki manfaat yang baik untk penderita penyakit cacar air seperti untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh, untuk membantu menyingkirkan virus cacar air dari tubuh anda, dapat membantu anda untuk menurunkan demam, dan juga dapat mengeringkan bekas luka cacar pada kulit anda.
3.     Meminum minuman bersoda yang mampu untuk mengeluarkan cacar yang belum timbul. Dengan anda meminum soda maka akan membuat badan anda terasa panas dan akan membantu proses ini lebih cepat.

Selain dengan menggunakan cara diatas anda juga dapat mengunakan cara yang tradisional untuk mengurangi gejala dan tanda tanda terkena cacar air seperti:
Pengobatan dari luar:
1.     Dapat menggunakan kunyit yang dicampur dengan daun asam jawa untuk dijadikan olesan tubuh. Caranya cuci bersih kedua bahan tersebut dan haluskan hingga benar-benar halus. Lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena cacac air.
2.     Dapat juga dengan menggunakan jagung muda yang diparut dan dioleskan pada bagian tubuh yang terkena cacar air. Ramuan jagung muda ini dapat anda lakukan pada saat tanda tanda terkena cacar mulai menjangkit tubuh anda dan dilanjutkan pada saat passa menyembuhan dari penyakit cacar air tersebut.
Pengobatan dari dalam :
1.     Anda bisa menggunakan buah mengkudu yang sudah matang untuk dibuat jus dan diminum 2 kali sehari di padi dan sore hari untuk mengurangi tanda tanda terkena cacar air pada tubuh anda.
2.     Selain itu anda juga dapat menggunakan ramuan lain dengan bahan 25 gram temulawak, 15 gram kencur, 15 gram asam jawa, dan 600cc air bersih. Cara pembuatannya dengan mencuci bersih semua bahan yang sudah anda sediakan, lalu dipotong kecil-kecil untuk menyeluarkan sarinya dengan maksimal. Kemudin rebus dengan menggunakan 600cc air bersih hingga mendidih. Biarkan ramuan tetap mendidih dan surut hingga menjadi setengah bagian. Ramuan ini dapat anda konsumsi 2 hingga 3 kali sehari dengan dutin dan teratur.

E.   Pencegahan Penyakit Cacar Air
1.     Cara mencegah datangnya tanda tanda terkena cacar adalah dengan selalu menjaga kebersihan badan, pakaian, dan lingkungan. Pakaian yang biasa anda kenakan dan ingkungan yang kotor merupakan sumber dari penyakit. Badan kita yang kotor akan lebih mudah untuk terinfeksi oleh kuman penyebab penyakit.

2.     Mengkonsumsi makan makanan yang bergizi adalah makanan yang dapat membuat tubuh anda menjadi sehat dan berstamina kuat sehingga dapat menangkat serangan virus yang dapat mengakibatkan munculnya tanda tanda terkena cacar.

3.     Dapat juga dengan menghindari sumber penularan cacar air dan imunisasi vaksin cacar air. istirahat yang cukup minimal dengan 7 jam setiap harinya, untuk menjaga kondisi tubuh anda agar tetap vit. Dan meminum air putih 7 hingga 8 gelas setiap harinya untuk membantu anda mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda.

imunisasi vaksin cacar air

4.     Beberapa jenis asupan yang kita makan tentunya dapat mempengaruhi banyaknya bentol yang terjadi atau bisa memicu rasa gatal pada kulit yang terkena cacar. Beriku adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk penyakit cacar air seperti :
a.     Perbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak menagndung vitamin C yang berguna untuk menambah kekebalan tubuh seperti jambu biji, anggur, dan jeruk.
b.     Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kolagen yang tinggi yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh seperti apel, pepaya, dan tomat.
c.      Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat antibakteri yang mampu membantu anda untuk mengeluarkan dan membunuh virus seperti buah semangka.


Sumber :
http://halosehat.com/penyakit/cacar-air/perawatan-cacar-air
http://www.gejalapenyakit.xyz/gejala-penyakit-cacar-air/
http://obatcacar.com/tanda-tanda-terkena-cacar/

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment