Penyakit Kurap : Gejala, Pengobatan, dan Pencegahannya



Kurap adalah penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh jamur. Selain menyerang kuku, tubuh bagian atas dan kepala, penyakit ini juga dapat muncul di selangkangan dan kaki. Kurap yang juga dikenal dengan istilah ‘tinea’ ini termasuk penyakit yang umum dan dapat menyerang siapa saja, terutama anak-anak.

Penyakit Kurap


Jenis-Jenis Kurap
1.     Athlete,s Foot
Disebut juga kurap kaki, merupakan infeksi jamur yang biasanya muncul pada cuaca panas/hangat. Biasanya disebabkan oleh trichophyton atau epidermophyton, yaitu jamur yang bisa tumbuh di daerah lembap dan hangat, diantara jari-jari kaki.

Jamur bisa menyebabkan terbentuknya sisik-sisik yang sangat halus tanpa gejala lainnya atau sisik-sisik disertai ruam yang terasa gatal, kasar, dan menimbulkan nyeri di sela-sela jari kaki dan tepian kaki.

Juga bisa berbentuk lepuhan yang berisi cairan. Jamur bisa menyebabkan kaki menjadi retak-retak sehingga terjadi infeksi bakteri, terutama pada penderita usia lanjut dan penderita gangguan aliran darah ke kaki.

2.     Kadas/Kurap Di Selangkangan
Di sebut juga jick itch dan bisa disebabkan oleh sejumlah jamur. Lebih sering ditemukan pada pria dan lebih sering terjadi pada cuaca hangat. Infeksi menyebabkan kemerahan berbentuk seperti cincin, kadang disertai lepuhan kecil di kulit sekitar selangkangan dan kulit paha atas bagian dalam. Bisa menimbulkan gatal-gatal dan bahkan nyeri. Meskipun telah diobati sering terjadi infeksi ulangan.

3.     Kadas/Kurap Di Kulit Kepala
Penyebabnya adalah Tricophynton atau Microsporum. Penyakit ini sangat menular, terutama pada anak-anak. Bisa menyebabkan terbentuknya ruam merah bersisik yang kadang terasa gatal atau menyebabkan kerontokan rambut yang meninggalkan bercak pitak tanpa disertai ruam.

4.     Kadas/Kurap Di Kuku
Penyakit kurap kuku (tinea unguium, onychomycosis) adalah infeksi kuku paling sering yang disebabkan oleh Tricophyton. Jamur bisa masuk ke dalam kuku, menghasilkan penebalan, tak bercahaya, dan kuku berubah bentuk. Infeksi lebih cukup sering terjadi pada kuku kaki dibandingkan kuku jari. Kuku kaki yang terinfeksi bisa terlepas dari tempat tidur kuku, remuk, atau berserpihan.

5.     Kadas/Kurap Pada Badan
Penyebabnya adalah Tricophyton. Infeksi biasanya menyebabkan ruam berwarna pink sampai merah yang kadang membentuk bercak bundar dan tengahnya jernih. Kadas/kurap badan bisa ditemukan disetiap kulit tubuh.

6.     Kadas/Kurap Pada Jenggot
Jarang terjadi. Sebagian besar infeksi yang menyerang janggut disebabkan oleh bakteri, bukan jamur.

7.     Jock Itch (Tinea Cruris)
Jock Itch (tinea cruris) lebih umum pada pria dibandingkan wanita dan terjadi lebih sering di udara hangat. Infeksi tersebut mulai pada lipatan kulit pada daerah kelamin dan bisa menyebar menuju paha dalam bagian atas.

Biasanya skrotum tidak termasuk (tidak seperti infeksi jamur). Ruam memiliki sisik, pinggiran merah jambu. Jock itch bisa sangat gatal dan kemungkinan terasa sangat sakit. Orang yang rentan bisa mengalami infeksi berulang. Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejala yang ditemukan.
Gejala kurap yang paling mudah dikenali adalah munculnya ruam kemerahan berbentuk cincin dengan garis luar yang tidak beraturan. Ruam ini biasanya terasa sangat gatal dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Jika terjadi pada pria muda, kurap sering ditemukan di daerah selangkangan.

B.   Pengobatan Penyakit Kurap
1.     Lidah Buaya
Ambil 1 batang lidah biaya, dan setelah itu belah bagian batang tadi untuk diubah menjadi 2 bagian. Dan kemudian gosokkanlah lendir dari lidah buaya tadi ke daerah yang mengalami kurap. Walaupun rasanya perih, tetapi Anda harus siap menunggunya sampai keriing supaya kandungan dari lidah buaya yang ada didalamnya dapat menyerap. Dan jika sudah kering, maka bilaslah sampai bersih.

2.     Bawang Putih
Haluskan bawang putih, setelah itu dioleskan ke bagian kulit yang mengalami kurap. Dan lakukanlah cara ini dengan teratur sampai sembuh, hal ini bertujuan untuk membantu mencegah infeksi agar tidak kambuh lagi.

3.     Lengkuas
Memarkan lengkuas, setelah itu ditempelkan ke bagian yang mengalami ruam akibat kurap setelah itu dibilas dengan air hangat.

4.     Belerang
Anda bisa mendapatkan belerang di toko obat, dan dioleskan cairan dari belerang ke daerah yang terserang penyakit kurap. Diamkan sampai mengering, dan bilas dengan air bersih.

5.     Garam
Tambahkan ¼ hingga ½ cangkir garam ke dalam baskom berisi air hangat. Rendam daerah yang terkena kadas kurap dalam air hangat asin ini selama setengah jam. Ambil beberapa garam laut dan menggunakan sedikit air untuk sedikit melembabkan. Gunakan scrub garam ini untuk menggosok ke kurap anda dengan bantuan kain lap. Lakukan ini sekitar 15-20 menit setiap hari.

6.     Pepaya Mentah
Berikut cara menggunakan pepaya mentah untuk kadas kurap: Potong beberapa buah dari pepaya mentah yang masih hijau, gosokkan potongan pepaya ini pada kulit kurap anda, anda juga dapat membuat pasta pepaya mentah dengan menggilingnya, oleskan pasta pada daerah kulit yang terkena kurap, biarkan selama sekitar 15-20 menit, cuci bersih dengan air hangat, lakukan ini 2-3 kali sehari.

 7.     Kunyit
Berikut cara menggunakan kunyit untuk pengobatan kadas kurap: Siapkan salah satu akar kunyit atau bubuk kunyit atau minyak kunyit, hancurkan atau giling akar kunyit untuk membuat pasta nya, gunakan air jika diperlukan, Jika menggunakan bubuk kunyit, mencampurnya dengan air untuk membuat pasta nya. Terapkan pasta kunyit pada kadas kurap anda, Biarkan selama 15-20 menit, cuci bersih dengan sabun lembut dan air hangat

8.     Kapur Barus
Cara Menggunakan Kapur barus untuk kadas Kurap: Ambil sejumput bubuk kapur barus dan menerapkannya setiap hari untuk kadas kurap anda, jika ini tidak cocok dengan anda, campurkan bubuk kapur barus dengan sedikit minyak wijen dan gosokkan ke kadas kurap anda dengan minyak ini. Ulangi dua kali sehari, anda juga dapat menggunakan minyak kamper untuk kurap.

C.   Pencegahan Penyakit Kurap
1.     Mandi dan keramaslah dengan teratur, apalagi jika Anda adalah seorang pengguna kendaraan umum
2.     Membersihkan kuku dengan teratur
3.     Cucilah tangan Anda terlebih setelah Anda keluar rumah, dan juga setelah memegang hewan peliharaan
4.     Mencuci pakaian, handuk, dan juga seprai dengan teratur
5.     Bersihkanlah rumah Anda dengan teratur, apalagi di ruangan yang biasanya sering digunakan secara bersamaan seperti misalnya adalah kamar mandi, ruang tamu, dan juga kamar tidur.
6.     Gunakanlah alas kaki setiap kali Anda keluar rumah, dan setiap kali Anda menggunakan fasilitas umum seperti kamar mandi hotel, dll.
7.     Jangan bergantian menggunakan barang pribadi Anda, seperti topi, sikat gigi, handuk serta pakaian. Dan langkah seperti ini juga sebaiknya Anda ajarkan pada anak Anda karena kurap biasanya lebih banyak menyerang anak-anak.
8.     Jangan memegang hewan liar apalagi bulunya yang pitak. Bawalah hewan peliharaan Anda ke dokter hewan dengan teratur, jika Anda mencurigainya mengalami penyakit kurap.


Sumber :
http://www.alodokter.com/kurap/
https://healthynesia.blogspot.co.id/2015/03/7-jenis-penyakit-kurap-yang-perlu.html
http://penyakitkurap.com/
http://www.serbacara.com/2015/03/cara-mengobati-kadas-kurap.html

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment