8 Hal Yang Bisa Membuat Mata Rusak



Kebiasaan buruk yang bisa membuat mata kita hilang atau berkurang kemampuna melihatnya, antara lain.

1.     Merokok
Ini sudah jelas adalah salah satu penyebab yang sering kita ketahui bahwa, kita sadar bahwa rokok tidak ada sama sekali manfaatnya bagi tubuh malahan sebaliknya rokok memberikan penyakitnya ke tubuh kita agar tubuh kita tidak seimbang dan dampak kelanjutannya tubuh akan tejangkit penyakit. Ada banyak bahan kimia di dalam rokok yang dapat merusak bagian sensitif pada retina mata, Salah satunya adalah makula.


 

2.     Terlalu Lama Menggunakan Mata
Hal ini bisa tejadi ketika kita sedang belajar ataupun keasikan main game di depan layar komputer atau juga di depan layar tv juga, yang seharusnya mata anda harus tidur, akan tetapi telalu keasikan hal tesebut di abaikan oleh anda sendiri.

Akibat dari kebiasaan tadi mata anda akan cepat melemah daya pandangnya anda. Karena hal ini bisa menyebabkan kelelahan pada mata yang dapat memicu kerusakan mata.

3.     Sinar UV
Sinar ini adalah sinar yang di hasilkan oleh matahari tersebut, ketika pada musim panas tentunya, suhu matahari sedang naik terkadang sangat panas, oleh sebabnya di anjurkan untuk anda yang ingin berpergian keluar rumah pada jam - jam siang harus menggunakan kacamata hitam sebab, untuk memantulkan cahaya ultra violet tersebut yang di timbulkan oleh matahari . Karena sinar ini dapat membakar kornea dan menyebabkan kerusakan lensa mata dan retina mata. Selain itu, sinar UV juga meningkatkan risiko katarak.

4.     Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi bisa sangat berbahaya bagi mata jika tidak diobati dengan benar. Ini merusak pembuluh darah di retina mata kita, daerah di belakang mata kita. Penyakit ini dikenal sebagai retinopati hipertensi.

Jadi jika anda mempunyai tekanan darah tinggi sebaiknya, anda harus menghindari masalah baik itu di dalam pekerjaan atau juga di rumah, karena biasanya orang yang mempunyai tekanan darah tinggi akan cepat marah ketika di hadapkan dengan suatu masalah tersebut, dan mara itu lah yang bisa berbahaya pada kesehatan mata anda.

5.     Diabetes
Jika Anda telah didiagnosis menderita diabetes sebaiknya, Anda lebih mungkin mengembangkan beberapa penyakit mata seperti  retinopati diabetes, glaukoma, di mana retina dapat mengalami kerusakan parah nantinya.

Selalu rutin ke dokter untuk mencek penyakit anda agar terkontrol dan agar tidak merambat ke beberapa organ yang penting pada tubuh, seperti hati atau juga jantung dan untuk mata juga tidak menutup kemungkinan bisa terpengaruhi kesehatannya oleh penyakit diabetes.

6.     Alkohol
Asupan alkohol yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh kita pastinya, termasuk mata juga. Alkohol dapat menyebabkan masalah pada penglihatan Anda dan kesehatan mata secara keseluruhan.

Anda mungkin akan mengalami penurunan kinerja visual tersebut, reaksi pipil yang lambat sering migrain mata kemerahan dan penurunan sensitivitas kontras Jadi jika anda yang sekarang suka sekali meminum minuman yang mengandung alkohol yang banyak ataupun sedikit mulailah menguranginya untuk kesehatan mata anda.

7.     Menonton TV Sambil Tiduran
Mungkin sewaktu anda kecil ibu anda pernah memarahi anda, karena menonton tv sembari tiduran, jika hal tersebut anda biarkan, bisa jadi pada saat anda besar mata anda akan terganggu.

Selain posisi yang tidak bagus pada mata pada saat menonton tv ditambah lagi jika anda menontonnya terlalu dekat sinar dari tv bisa merusak retina di dalam mata kita, oleh karena itu jika anda ingin menonoton tv ada baiknya jaga jarak mata dengan layar tv dan usahakan di dalam ruang anda cerah dan hindari ruang gelap pada saat menonton tv.

8.     Membaca Pada Saat di Perjalanan
Apakah anda suka dengan membaca pada saat di dalam mobil atau di dalam kereta ada baiknya hindari kebiasaan ini. Penglihatan kita bisa buyar jika melakukan hal ini, karena di dalam kendaraan terutama yang di darat selalu ada gerakan atau guncangan karena jalan yang rusak atau jalan yang berbelok - belok, ketika kita membaca ada baiknya objek yang kita baca sedang dalam keadaan diam dan tidak bergerak tersebut. Berbeda jika membacanya di mobil atau kereta juga pasti anda selalu terguncang yang membuat objek yang di baca tidak diam. 

Sumber :
http://kesehatanmulho.blogspot.com/2015/04/kebiasaan-sepele-yang-dapat-merusak-mata.html
https://www.pexels.com/photo/young-woman-relaxing-at-home-and-reading-a-book-6382/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar