10 Cara Menjaga Kesehatan Rambut



Semua orang menyebut-nyebut kalau rambut ibarat mahkota raja dan ratu yang harus di pertahankan kedudukannya agar menjadikan diri menjadi lebih gagah ataupun cantik. Bagi pria, melakukan perawatan rambut adalah hal yang tak wajib dilakukan sebab zaman sekarang kebanyakan pria berambut pendek, sedangkan wanita lebih dominan dengan rambut yang panjang.
Jadi, pada pembahasan kali ini saya lebih tertuju kepada wanita, bagi kaum adam yang ingin melakukan perawatan rambut tak ada salahnya juga untuk mengikuti beberapa cara memelihara kesehatan rambut.


1.     Lidah Buaya
Cara menjaga kesehatan rambut yang pertama adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Daun lidah buaya mengandung zat yang mampu merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut akan menjadi lebat dan sehat. Cara memanfaatkannya adalah dengan membelah daun lidah buaya dan oleskan lendirnya ke seluruh bagian rambut hingga benar – benar merata.

Tutuplah menggunakan handuk kecil kemudian diamkan hingga sekitar 30 menit. Sesudah itu, cucilah rambut anda seperti biasa. Lakukan cara tersebut sebanyak 3 kali dalam satu minggu secara rutin selama setidaknya 1 bulan. Setelah itu, lihatlah perubahan rambut anda yang kini semakin lebat dan hitam berkilau.

Selain itu, untuk menjaga agar rambut tetap sehat bisa dengan memanfaatkan daun waru. Jika biasanya pohon ini banyak diabaikan dipekarangan belakang rumah, sekarang anda dapat memanfaatkannya untuk membuat rambut menjadi hitam dan berkilau.

Caranya adalah dengan menumbuh sejumlah daun waru sampai mengeluarkan lendir. Pisahkan antara lendir dan daun waru yang sudah hancur dengan cara menyaringnya. Tempatkan lendir daun waru ke dalam botol kecil kemudian embunkan selama 24 jam.

Setelah itu, anda dapat menggunakannya dengan cara mengoles lendir tersebut ke seluruh bagian rambut mulai dari ujung hingga pangkal rambut. Lakukan perawatan ini secara teratur sebanyak 3 kali dalam seminggu dan lihat perubahan rambut anda. Rambut akan menjadi lebih berkilau dan sehat.

3.     Minyak Kemiri
Kacang kemiri yang akan digunakan sebagai penyubur rambut adalah kacang kemiri yang sudah dijadikan menjadi minyak kemiri. Minyak ini dapat anda dapatkan di toko atau bisa juga anda buat sendiri dirumah.

Cara membuat minyak kemiri di rumah adalah dengan menumbuk kemiri hingga halus kemudian campurkan sedikit air. Sangrai campuran tadi hingga mengeluarkan minyak. Minyak inilah yang kemudian digunakan untuk menyuburkan rambut.

Caranya adalah dengan mengoles minyak kemiri ke rambut hingga merata dan diamkan selama beberapa saat. Cucilah rambut hingga bersih ketika minyak kemiri sudah terasa lebih mengering.

4.     Sayangi Rambut Anda
Jangan menggosok rambut dengan terlalu kasar karena akan merusak sel-sel didalamnya yang kemudian akan menyebabkan rontok. Karena itulah, sebaiknya anda mengeringkan rambut dengan cara mengangin-anginkan hingga mengering atau menggunakan handuk lembut dan lakukan secara perlahan.

5.     Makanan Sumber Protein
Selain itu, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein. Kandungan protein akan membuat rambut menjadi halus dan berkilau. Makanan yang banyak mengandung protein adalah telur, kacang, umbi dan lain-lain.

6.     Hindari Sinar Matahari
Untuk menjaga kesehatan rambut adalah dengan cara menghindari sinar matahari secara langsung pada siang hari. Matahari di atas pukul sembilan pagi akan memancarkan sinar matahari yang sifatnya jahat. Jika anda tidak mengenakan topi, sinar tersebut akan membuat rambut anda menjadi kusam dan kering.

7.     Keramas Secara Teratur
Cara pertama untuk menjaga kesehatan rambut yaitu keramas secara teratur, ini tentu tidak akan menyulitkan Anda. Sediakan shampo yang cocok dengan jenis rambut Anda dan gunakan secara rutin minimal 2 kali sehari (saat mandi pagi dan mandi sore).

Kalau bisa usahakan untuk menggunakan shampo yang mengandung vitamin dan zinc yang kedua nutrisi ini berperan penting dalam melindungi kulit kepala dari datangnya ketombe

8.     Creambath
Anda jangan beranggapan bahwa creambath hanya bisa dilakukan di salon. Sebenarnya melakukan perawatan rambut ini juga bisa dirumah karena tekniknya pun sama yaitu dengan mengoleskan krim ke rambut. Anda bisa mencari dengan bahan apa yang paling cocok untuk jenis rambut dan tidak membuat Anda gelisah saat menggunakannya. Dengan creambath secara berkala rambut Anda akan terjaga kebersihan plus kesehatannya.

9.     Hindari Stres
Jika sedang stres maka hormon akan lebih banyak memproduksi minyak yang menyebabkan rambut jadi lepek dan mudah rontok. Untuk itu santailah sejenak dari masalah yang mengganjal pikiran Anda untuk berpikir kreatif dengan melakukan sesuatu yang menyenangkan, misalnya berenang dengan keluarga ataupun jalan-jalan sore dengan istri atau kekasih.

10.            Rajin Menyisir Rambut
Rapikan rambut Anda agar tidak kusut dengan sisir. Selain membuat rambut tertata indah kegiatan menyisir juga berdampak positif bagi kesehatan rambut, misalnya adalah mensuplai darah pada kulit kepala dan juga meningkatkan kinerja sel-sel kulit kepala.

Agar rambut tidak mudah rontok hindarilah penggunaan sisir bergigi rapat, karena tidak semua orang memiliki rambut yang helai demi helainya mudah terpisah. Jadi, cari aman saja yaitu dengan memilih sisir yang berigigi jarang.



Selingan :
Setelah membaca artikel di atas mungkin kepala anda jadi penat, mudah-mudahan dengan humor dibawah ini bisa mengurangi kepenatan anda.

Sakit yang Aneh

Seorang pasien yang bernama Bejo datang ke klinik dokter umum untuk mengkonsultasikan tentang kesehatannya.
Pasien: "Jadi apa yang harus saya lakukan sekarang dok?"
Dokter: Menyodorkan obat sebesar tablet ke pasien, "Minumlah obat ini 3x sehari, dengan 1 gelas air putih setiap kali minum"
Pasien: "Hanya itu dok?"
Dokter: Menyodorkan obat lagi yg ukurannya lebih kecil, "Yang ini minumlah 4x sehari dengan 2 gelas air putih setiap kali minum"
Pasien: "Masih ada lagi dok"
Dokter: Menyodorkan obat yang lebih kecil lagi dan lebih banyak jumlahnya, "Ini yang terakhir, minumlah 5x sehari dengan 3 gelas air putih setiap kali minum"
Pasien: "Jadi sebetulnya saya menderita penyakit apa Dok???"
Dokter: "Kurang minum!!!!"


Mahalnya Sakit Gigi

Amir menderita sakit gigi, karena ibunya tidak bisa mengantar akhirnya dia diantar oleh pembantu rumahnya. Setelah selesai berobat, Ibunya protes karena ongkos dokter tersebut mahal, San ibu pun menelpon dokter itu untuk menanyakan hal ini.
Ibu : Halo, Dokter. Saya Ibunya Amir, pasien dokter yang tadi
Dokter : Oh Iu, ada apa ya?
Ibu : begini dok, biasanya kalau berobat ke dokter gigi tarifnya Rp 25.000, tapi ini mengapa kok sampai Rp 100.000? mahal sekali
Dokter : Oh itu tadi karena anak ibu berteriak-teriak keras sekali saat saya obati.
Ibu : Lalu apa masalahnya, Dok?
Dokter : Tiga pasien saya tidak jadi berobat karena ketakutan setelah mendengar teriakan anak Ibu.

Sumber :
http://manfaatnyasehat.com/cara-mudah-menjaga-kesehatan-rambut/
http://carasehathidup.blogspot.co.id/2014/04/cara-menjaga-kesehatan-rambut.html
https://pixabay.com/en/girl-flowers-spring-blue-eyes-1312959/
http://fianzoner.blogspot.co.id/2010/11/humor-tentang-kesehatan.html



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment