10 Makanan/Minuman Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit



 1.     Teh Hijau
Teh hijau kaya akan antioksidan polifenol yang dapat memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet matahari yang bisa merusak kulit. Baik anda menerapkannya langsung ke kulit atau menikmatinya sebagai minuman, antioksidan pada teh hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan membantu memperbaikinya jika memang sudah terjadi kerusakan. Minum teh hijau juga memastikan tubuh anda tetap terhidrasi, di mana hal ini juga faktor penting untuk menjaga kesehatan kulit.
Kesehatan Kulit





2.     Yogurt
Yogurt rendah lemak merupakan makanan sumber vitamin A, nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin A membantu tubuh menghasilkan kolagen, protein penting yang ikut bertanggung jawab atas elastisisitas kulit. Vitamin ini juga membantu melindungi kolagen terhadap kerusakan.

3.     Ikan
Ikan merupakan sumber protein rendah lemak. Ikan seperti tuna, todak, atau salmon adalah sumber asam lemak omega-3 alami. Nutrisi ini sangat penting dan berperan dalam meredakan peradaganan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dalam makanan dapat membantu melawan efek merusak dari radiasi ultraviolet terhadap kulit. Ikan salmon dikenal mengandung senyawa antioksidan yang disebut astaxanthin. Antioksidan ini dapat mencegah kulit kendur dan keriput.

4.     Kacang Brazil
Kacang mungkin tinggi lemak, namun lemak baik, yakni lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal. Lemak-lemak tersebut dapat meningkatkan kesehatan sistem peredaran darah.

Kacang Brazil merupakan sumber selenium, mineral penting bagi fungsi sistem kekebalan tubuh. Kacang ini juga kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit seperti vitamin E. Kacang Brazil telah terbukti meningkatkan sirkulasi kulit dan membuatnya lebih bercahaya.

5.     Coklat Hitam
Coklat hitam atau dark chocolate penuh dengan antioksidan flavonoid. Menurut sebuah penelitian yang dikutip dalam European Journal of Nutrition dan Journal of Cosmetic Dermatology, coklat hitam tidak hanya melindungi jantung dan pembuluh darah, namun juga melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari.

6.     Buah Berry
Keluarga buah berry seperti stroberi, blackberry, cranberry, dan raspberry adalah buah yang kaya akan antioksidan. Buah ini sangat bermanfaat untuk melawan kanker dan mencegah penyakit lainnya. Makanan super ini membantu pertahanan antioksidan alami kulit dan melawan radikal bebas berbahaya akibat serangan radiasi ultraviolet pada kulit.

7.     Biji-Bijian
Tidak seperti tepung halus atau nasi putih, biji-bijian seperti gandum, haver(oat), dan beras merah menawarkan lebih banyak manfaat kesehatan daripada sekedar karbohidrat sederhana.

Biji-bijian tidak hanya kaya serat yang baik bagi pencernaan, namun juga merupakan sumber vitamin B yang baik bagi kulit seperti folat, niasin, dan zat gizi mikro seperti seng dan magnesium. Seng sangat penting bagi pertahanan kulit terhadap kerusakan.

8.     Kunyit
Kunyit tidak hanya dikenal sebagai rempah-rempah pelengkap bumbu masakan. Kunyit merupakan sumber utama kurkumin, senyawa aktif polifenol yang dapat melawan perkembangan kanker kulit. Kurkumin pada kunyit juga dapat mengurangi peradangan dan bekerja sebagai antioksidan yang dapat memperbaiki kerusakan kulit.

9.     Buah-Buahan Kaya Vitamin C
Vitamin C merupakan antioksidan penting untuk menjaga jaringan ikat. Kekurangan vitamin C diketahui bisa menyebabkan penyakit kulit yang bernama kudis. Vitamin C juga sangat efektif dalam mengurangi keriput di kulit.

Selain itu, Vitamin C berperan penting dalam melawan radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki kulit yang rusak. Konsumsilah buah kiwi atau buah-buahan yang mengandung vitamin C lainnya seperti buah jeruk, pepaya, jambu biji, dan lain sebagainya, untuk menjaga kulit anda tetap sehat.

10.            Buah Zaitun dan Minyak Zaitun
Buah zaitun bisa dimakan langsung atau bisa diperas menjadi minyak zaitun, keduanya sama-sama bermanfaat. Minyak zaitun dapat digunakan sebagai bumbu salad dan juga hal-hal yang terkait dengan kulit. Minyak zaitun sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk kulit yang sangat kering. Minyak ini selembut sutra dan biasanya tidak menyebabkan reaksi alergi.

Minyak zaitun juga dapat melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan kanker. Vitamin E yang terkandung di dalamnya bisa dimanfaatkan untuk pelembab kulit dan perawatan kulit wajah. Minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk gangguan kulit seperti ruam, eksim, keriput, garis-garis halus, bintik hitam, kulit terbakar, dan juga untuk mencegah kanker kulit.


Selingan :
Setelah membaca artikel di atas mungkin kepala anda jadi penat, mudah-mudahan dengan humor dibawah ini bisa mengurangi kepenatan anda

Berat Ideal
Ada sepasang suami isteri memeriksakan kesehatannya pada Dokter.
" Bapak kelebihan berat badan. Biar ideal, tolong berat badan harus dikurangi 10 kilo. " kata Dokter pada sang suami.
" Baik. Saya akan diet, Dok. "
" Dan untuk ibu, justru kurang berat. Biar ideal, mestinya di tambah 200 gram lagi. "
Sang isteri kontan menoleh pada suaminya dan berkata :
" Nah, Pak. Kau dengar sendiri kata Dokter. Nanti, sepulang dari sini, kita ke toko emas. Belikan aku gelang dan kalung seberat 200 gram, biar beratku jadi ideal ! "

Dokter Hewan
Ibu Lizzy membawa anaknya menemui Dokter Hewan.
" Tolong, Dok. Anak saya mengidap komplikasi, " kata Ibu Lizzy.
" Ibu salah tujuan. Saya kan Dokter Hewan. " kata sang Dokter.
" Saya tahu, Dok. Justru itu saya kemari. " jawab ibu Lizzy.
" Lho, emangnya kenapa ? " kata Pak Dokter.
" Anak saya kan mengidap Cacingan, Dok.” Jawab ibu Lizzy dengan santai.

Pintu Modern
Di ruang praktek terjadi percakapan antara seorang Pasien yang bernama Badu dan Dokternya.
" Dok, belakangan ini saya sering bermimpi, mimpi ini membuat saya tersiksa. Saya lari kencang sekali ke arah pintu. Lalu saya mendorongnya dengan sekuat tenaga tetapi pintu itu tidak mau terbuka. "
" Apakah pintu itu terkunci ? " kata sang Dokter.
" Tidak ", jawab Badu.
" Atau pintu sebuah Benteng ? " kata Dokternya.
" Tidak. " jawab Badu lagi.
" Pintu Otomatis barangkali? ", kata Dokternya dengan semakin penasaran.
" Bukan, Dok, pintu itu biasa-biasa saja, cuma ada tulisannya. "
" Tulisan apa? " tanya Dokter dengan keheranannya.
" Tarik ", jawab Badu dengan santainya.


Sumber :
http://www.artikelkesehatan99.com/10-makanan-yang-dapat-menjaga-kesehatan-kulit/
http://carasehat123.blogspot.com/2015/01/10-makanan-untuk-menjaga-kulit-wajah.html
https://pixabay.com/en/model-female-girl-beautiful-woman-429733/
http://loop.co.id/articles/kumpulan-humor-tentang-kesehatan-dijamin-ngakak



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment